Cari Blog Ini

Sabtu, 01 Oktober 2016

makalah karya ilmiah




KARYA ILMIAH




OLEH
NAMA                                   :    RAHMAT HIDAYAT
NOMOR STAMBUK          :    ( 10581 2438 15 )

FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN TEKNIK SIPIL
PROGRAM STUDI STRATA 1 SIPIL PENGAIRAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2015/2016

KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr,Wb .
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan hidayahnya sehingga, Alhamdulillah makalah ini dapat penulis selesaikan dengan judul materi “ Karya Ilmiah “. Tak lupa pula kita kirimkan salam dan shalawat kepada nabi Muhammad SAW, yang telah berhasil memperjuangkan agama islam yang mulia ini beserta keluarga dan para sahabatnya.
Penulis juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada ibu dosen Suhena S.Pd, M.Pd. selaku dosen mata kuliah bahasa indonesia yang telah memberikan dan mentrasferkan ilmunya kepada penulis dan teman-teman. Penulis  menyadari bahwa dalam penyusunan tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, karena adanya keterbatasan ilmu pengetahuan yang kami miliki. Namun, demikian kami berharap semoga isi tugas ini dapat benar-benar bermanfaat bagi penulis khususnya, serta para pembaca umumnya. Selain itu juga kami berharap adanya kritik dan saran dari para pembaca demi terwujudnya kesempurnaan tugas ini.

Wassalamualaikum Wr, Wb .

                                                               Makassar, 11 Januari  2016


   Penulis







DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL  .......................................................... .. i
KATA PENGANTAR  ........................................................... . ii
DAFTAR ISI .......................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN  ...................................................... . 1
A.          Latar Belakang ......................................................... . 1
B.          Rumusan Masalah .................................................... . 1
C.          Tujuan Penulisan  ..................................................... . 1
BAB II PEMBAHASAN ........................................................ . 2
A.          Pengertian Dan Jenis Karya Ilmiah ............................ 2
B.          Tata Cara Penulisan Karya Ilmiah ............................. 4
C.          Pengertian Tema Judul Dan Topik ............................. 7
BAB III PENUTUP ................................................................ . 8
A.          Kesimpulan .............................................................. . 8
B.          Saran ........................................................................ . 8
DAFTAR PUSTAKA ............................................................. . 9





BAB I
PENDAHULUAN
A.                Latar Belakang
 Ilmiah merupakan karya tulis yang isinya berusaha memaparkan suatu pembahasan secara ilmiah yang dilakukan oleh seorang penulis atau peneliti. Untuk memberitahukan sesuatu hal secara logis dan sistematis kepada para pembaca. Karya ilmiah biasanya ditulis untuk mencari jawaban mengenai sesuatu hal dan untuk membuktikan kebenaran tentang sesuatu yang terdapat dalam objek tulisan. Maka sudah selayaknyalah, jika tulisan ilmiah sering mengangkat tema seputar hal-hal yang baru (aktual) dan belum pernah ditulis orang lain. Jikapun, tulisan tersebut sudah pernah ditulis dengan tema yang sama, tujuannya adalah sebagai upaya pengembangan dari tema terdahulu. Disebut juga dengan penelitian lanjutan.
Tradisi keilmuan menuntut para calon ilmuan (mahasiswa) bukan sekadar menjadi penerima ilmu. Akan tetapi sekaligus sebagai pemberi (penyumbang) ilmu. Dengan demikian, tugas kaum intelektual dan cendikiawan tidak hanya dapat membaca, tetapi juga harus dapat menulis tentang tulisan-tulisan ilmiah. Apalagi bagi seorang mahasiswa sebagai calon ilmuan wajib menguasai tata cara menyusun karya ilmiah. Ini tidak terbatas pada teknik, tetapi juga praktik penulisannya. Kaum intelektual jangan hanya pintar bicara dan “menyanyi” saja, tetapi juga harus gemar dan pintar menulis. Istilah karya ilmiah disini adalah mengacu kepada karya tulis yang menyusun dan penyajiannya didasarkan pada kajian ilmiah dan cara kerja ilmiah.

B.                 Rumusan Masalah
1.      Apakah pengertian dan jenis karya ilmiah ?
2.      Bagaimana tata cara penulisan karya ilmiah ?
3.      Apakah pengertian  tema, judul dan topic ?

C.                Tujuan penulisan
Tujuan ditulisnya makalah ini adalah untuk memenuhi tugas bahasa Indonesia dan menambah wawasan serta memahami tentang pengertian, jenis, tata cara dan pengertian tema, judul, dan topic.




BAB II
PEMBAHASAN
A.                Pengertian  Dan Jenis Karya Ilmiah
1.                  Pengertian karya ilmiah
Karya ilmiah adalah suatu bentuk karangan yang ditulis berdasarkan cirri dan kenyataan ilmiah dengan memperlihatkan syarat-syarat keilmiahan yang diperoleh berdasarkan penelitian. Karya Ilmiah adalah karya tulis yang disusun oleh seorang penulis berdasarkan hasil-hasil penelitian ilmiah yang telah dilakukannya. Karya ilmiah juga biasa disebut karangan ilmiah. Menurut Brotowidjoyo karangan ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodolog penulisan yang baik dan benar.
Karya tulis adalah karya ilmiah berisi ringkasan atau resume dari suatu mata kuliah tertentu atau ringkasan dari suatu ceramah yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswanya. Cirri- cirri karya ilmiah yaitu struktur kajian, komponen dan subtansi, sikap penulis dan pengguna bahasa. Karya ilmiah dapat dibedakan atas beberapa bentuk, antara lain :
1)      Paper atau working paper atau report reading.
2)      Laporan penelitian lapangan ( field study ) atau laporan praktek.
3)      Disertasi ( naskah promosi untuk mencapai gelar “ doctor “ ).
2.                  Jenis-jenis karya ilmiah
Penulisannya Sesuai dengan cirinya yang tertulis tadi, maka karya tulis ilmiah dapat berwujud dalam bentuk makalah (dalam seminar atau simposium), artikel, laporan praktikum, skripsi, tesis, dan disertasi, yang pada dasarnya kesemuanya itu merupakan produk dari kegiatan ilmuwan. Adapun jenis Karya Ilmiah adalah :
a.      Makalah
Menurut bahasa, makalah berasal dari bahasa Arab yang berarti karangan. Makalah adalah karya tulis (ilmiah) paling sederhana. Makalah, adalah karya ilmiah yang membahas suatu pokok persoalan atau menyajikan suatu masalah, sebagai hasil penelitian data di lapangan yang bersifat empiris-objektif atau sebagai hasil kajian yang disampaikan dalam suatu pertemuan ilmiah (seminar) atau yang berkenaan dengan tugas-tugas perkuliahan yang diberikan oleh dosen yang harus diselesaikan secara tertulis oleh mahasiswa dan aturannya tidak seketad makalah para ahli karena bisa jadi dibuat berdasarkan hasil bacaan dan kemudian dengan tarikan teoritis; menggabungkan cara pikir deduktif-induktif atau sebaliknya.

b.      Kertas Kerja
Kertas kerja adalah makalah yang memiliki tingkat analisis lebih serius, biasanya disajikan dalam lokakarya. Kertas kerja pada prinsipnya sama dengan makalah. Kertas kerja dibuat dengan analisis lebih dalam dan tajam. Kertas kerja ditulis untuk dipresentasikan pada seminar atau lokakarya, yang biasanya dihadiri oleh ilmuwan. Pada ‘perhelatan ilmiah’ tersebut, kertas kerja dijadikan acuan untuk tujuan tertentu. Bisa jadi, kertas kerja ‘dimentahkan’ karena lemah, baik dari susut analisis rasional, empiris, ketepatan masalah, analisis, kesimpulan, atau kemanfaatannya.
c.       Skripsi
Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang mengemukakan pendapat penulis berdasar pendapat orang lain dimana karya ilmiah yang ditulis berdasarkan hasil penelitian lapangan, didukung data dan fakta empiris-objektif, baik berdasarkan penelitian langsung; observasi lapangan atau penelitian di laboratorium, atau studi kepustakaan dan dipertahankan di depan sidang ujian (munaqasyah) dalam rangka penyelesaian studi tingkat Strata Satu (S1) untuk memperoleh gelar Sarjana. Bobotnya 6 satuan kredit semster (SKS) dan dalam pengerjakannya dibantu dosen pembimbing.
d.      Tesis
Tesis, adalah karya ilmiah yang ditulis dalam rangka penyelesaian studi pada tingkat program Strata Dua (S2), yang diajukan untuk dinilai oleh tim penguji guna memperoleh gelar Magister. Pembahasan dalam tesis mencoba mengungkapkan persoalan ilmiah tertentu dan memecahkannya secara analisis kristis. Karya tulis ilmiah ini sifatnya lebih mendalam daripada skripsi. Mahasiswa melakukan penelitian mandiri, menguji satu atau lebih hipotesis dalam mengungkapkan ‘pengetahuan baru’.  Dalam penulisannya dituntut kemampuan dalam menggunakan istilah tehnis; dari istilah sampai tabel, dari abstrak sampai bibliografi.
e.       Disertasi
Pencapaian gelar akademik tertinggi adalah predikat Doktor. Gelar Doktor (Ph.D) dimungkinkan manakala mahasiswa (S3) telah mempertahankan disertasi  dihadapan Dewan Penguji Disertasi yang terdiri dari profesor atau Doktor dibidang  masing-masing. Disertasi adalah karya ilmiah yang ditulis dalam rangka penyelesaian studi pada tingkat Strata Tiga (S3) yang dipertahankan di depan sidang ujian promosi untuk memperoleh gelar Doktor (Dr.).




f.       Artikel
Artikel, merupakan karya tulis lengkap, seperti laporan berita atau esai di majalah, surat kabar, dan sebagainya. Artikel adalah sebuah karangan prosa yang dimuat dalam media massa, yang membahas isu tertentu, persoalan, atau kasus yang berkembang dalam masyarakat secara lugas. Artikel merupakan: karya tulis atau karangan; karangan nonfiksi; karangan yang tak tentu panjangnya; karangan yang bertujuan untuk meyakinkan, mendidik, atau menghibur; sarana penyampaiannya adalah surat kabar, majalah, dan sebagainya; wujud karangan berupa berita.

B.                 Tata Cara Penulisan Karya Ilmiah
1.       Kulit luar dan halaman judul
Penempatan dan halaman judul karya ilmiah, anak judul ( jika ada ), nama penulis dan keterangan lain seperti nomor mahasiswa dan kelas, nama jurusan /fakultas dan perguruan tinggi serta tempat dan tahun penyusunan karya ilmiah, baik pada kulit luar maupun pada halaman judul, sebaiknya mengikuti ketentuan sebagai berikut.
a.        Penempatan dan penulisan judul
1.      Judul ditulis pada baris paling atas dengan jarak dari tepi kertas atas sekurang-kurangnya 3 cm.
2.      Judul dan anak judul ditulis dengan huruf capital semua.
3.      Anak judul ( kalau ada ) dipisahkan dengan tanda titik dua.
4.      Judul tidak diakhiri dengan tanda titik atau tanda baca lain.
5.      Penjelasan tentang bentuk dan kedudukan karya ilmiah ditulis dengan jarak empat spasi.
6.      Nama penulis, keterangan diri yang lain seperti nomor mahasiswa, nomor kelas/kelompok ditulis berurutan ke bawah dengan jarak enam spasi dari kata “ oleh “.
7.      Nama program, fakultas, jurusan, program study di tulis berurutan kebawah dengan jarak keempat spasi dari baris terakhir keterangan diri penulis.
8.      Nama perguruan tinggi atau instansi tempat bekerja dicantumkan dengan jarak 14 spasi dari keterangan d.
9.      Tahun penyusunan karya ilmiah ditulis dengan jarak dua spasi dibawahnya.
10.  Di dalam penempatan tulisan pada kulit luar dan halaman judul perlu diperhatikan keseimbangan jarak margin atas, bawah,kiri dan kanan.


b.      Kata pengantar
1.      Baris pertama tiap alinea ditulis enam ketukan mesin tulis dari margin kiri.
2.      Jika judul karya ilmiah disebut dalam kata pengantar maka judul ditaruh diantara tanda petik, dengan huruf capital pada awal kata.
3.      Nama kota, tanggal, bulan ditulis dengan huruf dan tahun penyusunan ditempatkan disebelah kanan bawah dengan jarak empat spasi dari baris terakhir teks.
4.      Nama penulis ditempatkan dibawah nama kota dengan jarak dua spasi.
5.      Dibelakang tajuk, tahun, dan nama penulis tidak menggunakan tanda apapun. Namun, diantara kota dan tanggal ditempatkan tanda koma.
c.       Daftar isi
1.      Tajuk kata pengantar, daftar singkatan ( jika ada ), bab, daftar pustaka, dan daftar indeks ditulis dengan huruf capital semua dan diberi garis bawah.
2.      Butir-butir isi ditulis tepat dari margin kiri. Bab-bab yang bernomor angka romawi besar di dalam daftar isi tetap memakai nomor angka romawi besar.
3.      Diantara tulisan dan bab dan nomornya, demikian pula di antara nomor bab dan tajuknya pun tidak ada titik melainkan jarak satu ketukan.
d.      Bab dan anak bab
1.      Kata bab di tulis dengan huruf capital dan nomor bab ditulis dengan anka romawi besar pada jarak kurang lebih 7 cm dari tepi kertas sebelah atas.
2.      Nomor anak bab ditulis dengan angka arab, ditulis dengan huruf capital pada awal kata dan digaris bawahi.
3.      Jaraknya satu ketukan dari anak bab dan pada akhir tajuk tidak terdapat tanda apapun.
2.      Catatan
a.       Catatan pustaka
1.      Jika dalam teks nama pengarang dinyatakan, nama tersebut langsung diikuti tahun terbit pustaka yang diacuh dan nomor halamannya kalau diperlukan yang ditempatkan di dalam kurung.
2.      Jika ada dua pengarang cantumkan kode nama terakhir dan pisahkan dengan kata dan serta tahun terbitnya. Jika lebih dari dua gunakan singkatan “dkk”.
3.      Jika ada beberapa karya terbitan tahun yang sama dari seorang pengarang, sebagai pembeda gunakan huruf misalnya a, b, c, di belakan g tahun terbit di dalam kurung.
b.      Catatan kaki
1.       Referensi kepada buku dengan seorang pengarang.
2.       Referensi kepada buku dengan tiga atau tiga pengarang.
3.       Referensi kepada buku dengan banyak pengarang.
4.       Kalau edisi berikutnya mengalami perubahan.
5.       Buku yang terdiri ats dua jilid atau lebih.
6.       Sebuah edisi dari karya seorang pengarang atau lebih.
7.       Sebuah terjemahan.
8.       Artike dalam sebuah antologi.
9.       Artikel dalam ensiklopedia.
10.   Referensi pada artikel majalah.
11.   Referensi pada artikel harian.
12.   Tesis dan disertasi yang belum diterbitkan.
3.      Kutipan
1.      Kutipan langsung yang kurang dari empat baris ditempatkan didalam teks diantara tanda petik.
2.      Kutipan langsung yang terdiri dari empat baris atau lebih ditempatkan di bawah baris terakhir teks yang mendahuluinya.
3.      Jika sumber acuan di dalam bahasa asing, sebaiknya bagian yang dikutip diterjemahkan secara bebas kedalam bahasa Indonesia.
4.       Daftar rujukan
a.       Rujukan dari buku.
b.      Rujukan dari buku yang berisi kumpulan artikel ( ada editornya ).
c.       Rujukan dari artikel dalam buku kumpulan artikel ( ada editornya ).
d.      Rujukan dari artikel dalam jurnal.
e.       Rujukan dari artikel majalah atau koran.
f.       Rujukan dari dokumen resmi pemerintah pemerintah yang diterbitkan tanpa pengarang dan lembaga.
g.      Rujukan berupa makalah yang disajikan dalam seminar, penataran atau lokakarya.
h.      Rujukan dari internet berupa karya individual.
i.        Rujukan dari internet berupa e- mail pribadi.




5.      Daftar pustaka
a.       nama pengarang ditulis selengkapnya tetapi gelar sarjana tidak di cantumkan.
b.      Penulisan nama pengarang ditulis nama akhir lebih dahulu dipisahkan dengan tanda koma.
c.       Jika nama pengarang terdiri atas dua orang atau lebih nama pengarang yang pertama saja yang ditulis lalu tambahkan dkk.
d.      Tahun terbit ditulis sesudah nama pengarang dan di bubuhkan tanda titik sesudah tahun terbit.
e.       Judul buku ditempatkan sesudah tahun terbit dan diberi garis bawah tiap-tiap katanya.
f.       Tempat terbit sumber acuan, baik buku maupun terbitan lainnya, di tempatkan sesudah judul atau keterangan judul ( misalnya edisi, jilid, nomor majalah ). Nama penerbit dengan dipisahkan oleh tanda titik dua dari tempat terbit.
C.                Pengertian Tema Judul Dan Topik
1.      Pengertian tema
Kata tema berasal dari bahasa yunani yaitu tithensi yang berarti “menempatkan” atau “meletakkan”. Secara khusus dalam sebuah karangan, tema berarti pokok persoalan atau pembicaraan atau masalah yang dialami penulis yang perlu di pecahkan sehingga tujuan dapat terwujud.
2.      Pengertian judul
Judul adalah sebuah nama yang diberikan oleh penulis terhadap karyanya, sehingga hasil karya tersebut dapat dikenali maka, judul tulisan harus menarik tema maupun dari topik. Sedangkan topic sifatnya lebih kecil dari tema namun lebih luas dari judul.
3.      Pegertian topik
Topik (bahasa Yunani: topoi) adalah inti utama dari seluruh isi tulisan yang hendak disampaikan atau lebih dikenal dengan topik pembicaraan. Topik adalah hal yang pertama kali ditentukan ketika penulis akan membuat tulisan.  Topik biasa terdiri dari satu satu dua kata yang singkat, dan memiliki persamaan serta perbedaan dengan tema karangan. Persamaannya adalah baik topik maupun tema keduanya sama-sama dapat dijadikan sebagai judul karangan. Sedangkan, perbedaannya ialah topik masih mengandung hal yang umum,sementara tema akan lebih spesifik dan lebih terarah dalam membahas suatu permasalahan.


BAB III
PENUTUP
A.                Kesimpulan
Dari pembahasan yang telah dipaparkan maka dapat disimpulkan bahwa, karya ilmiah adalah karya tulis yang disusun oleh seorang penulis berdasarkan hasil-hasil penelitian ilmiah yang telah dilakukannya atau dengan Karya ilmiah juga biasa disebut karangan ilmiah yang disajikan secara fakta dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. Dalam penulisan karya ilmiah banyak aspek yang mesti diketahui oleh calon pembuat karya ilmiah karena itu sangat berperan dengan hasil karya ilmiah yang akan dibuat, misalnya, calon penulis karya ilmiah paling tidak harus mengetahui etika dan kode etik dalam penulisan karya ilmiah, tehnik penyusunan karya ilmiah yang baik dan benar dan sikap-sikap dalam menulis karya ilmiah serta harus menjalani dan menerima berbagai kendala dan masalah dalam proses penulisan karya ilmiah, karena itu merupakan suatu pemebelajaran ketika akan membuat karya ilmiah yang kedua ketiga dan selanjutnya. Karya ilmiah mempunyai beberapa jenis seperti, makalah, kertas kerja, skripsi, tesis, disertasi, artikel, esai, opini, dan fiksi. Adapun tujuan dari penulisan karya ilmiah, antara lain untuk menyampaikan gagasan, memenuhi tugas dalam studi, untuk mendiskusikan gagasan dalam suatu pertemuan, mengikuti perlombaan, serta untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan/hasil penelitian.
B.                 Saran
Dalam penulisan makalah ini masih terdapat beberapa kekurangan dan kesalahan, baik dari segi penulisan maupun dari segi penyusunan kalimatnya dan dari segi isi juga masih perlu ditambahkan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kepada para pembaca makalah ini agar dapat memberikan kritikan dan masukan yang bersifat membangun.







DAFTAR PUSTAKA
Syamsuri, Andi Sukri. 2014. ”bahasa Indonesia mata kuliah dasar umum”.   Makassar: Pustaka Lontara.
http://allaboutdotcom. Blogspot.co.id/2014/04/makalah-karya ilmiah-bahasaindonesia.html
http://bloggerndesonet.blogspot.co.id/2014/03/pengertian-dan-jenis-jenis-karya -ilmiah bahasaindonesia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.
MOHON KRITIK DAN SARANNYA !

Makalah Aspalt Pavert

Kelompok                             : I Mata Kuliah                         : Pemindahan Tanah Mekanis Dosen Pembimbing           ...