Cari Blog Ini

Senin, 07 Oktober 2019

Makalah Aspalt Pavert


Kelompok                             : I
Mata Kuliah                         : Pemindahan Tanah Mekanis
Dosen Pembimbing            : Ir.Hamzah Al Imran .ST.,MT                                                                         
MAKALAH
ALAT BERAT ( ASPALT PAVERT )
Description: 2015-11-11-13-20-57--184707755.jpeg
 









OLEH KLOMPOK  I
 RAHMAT HIDAYAT             : 105 81 2438   15
  NURFADILLAH                    : 105 81 2431   15
                       
FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN TEKNIK SIPIL
PROGARAM STUDI S1 SIPIL PENGAIRAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2017
KATA PENGANTAR

            Segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah S.W.T,  karena berkat rahmat dan karunia serta izin-Nya kami mampu menyelesaikan makalah ini yang berjudul Alat Berat Aspalt Pavert. Sholawat serta salam semoga tercurah kepada baginda Rasullullah SAW, keluarganya, serta pengikutnya sampai akhir masa.
 Maksud dari pambuatan makalah ini adalah untuk melengkapi tugas mata kuliah Pemindahan Tanah Mekanis. Dalam penyusunan makalah ini tidak lepas dari dukungan dan bantuan dari semua pihak, baik dukungan moril maupun bantuan dalam mendapatkan data, bimbingan dan sistematika penyusunan maupun dalam penulisan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah terlibat dalam penyelesaian pembuatan makalah ini.
Kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalah  ini masih jauh dari sempurna,hal ini disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan, wawasan dan pengalaman yang dimiliki kami. Oleh karena itu demi kesempurnaan makalah ini kami sangat mengharapkan saran dan masukan yang bersifat membangun.
Akhir kata,kami mengharapkan agar makalah ini dapat bermanfaat bagi kami khususnya dan umumnya bagi pembaca sekalian.


Makassar,………2017





   Penyusun


DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL...............................................................................          i
KATA PENGANTAR................................................................................          ii
DAFTAR ISI...............................................................................................          iii
BAB I PENDAHULUAN..........................................................................          1
a.       Latar belakang........................................................................          1
b.      Rumusan Masalah...................................................................          1
c.       Tujuan.....................................................................................          2
BAB II  PEMBAHASAN...........................................................................          3
A.    Sejarah Aspalt Paver................................................................          3
B.     Fungsi Asphalt Paver...............................................................          5
C.     Proses Asphalt Paver...............................................................          5
D.    Manfaat Asphalt Paver.............................................................          5
E.   Efisiensi Asphalt Paver .............................................................          6
F.   Harga Alat Dan Harga Sewa ....................................................          7
BAB III PENUTUP....................................................................................          8
A.    Kesimpulan...........................................................................          8
B.     Saran ....................................................................................          8
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................          9  



BAB I
PENDAHULUAN
A.           LATAR BELAKANG
Alat berat adalah mesin berukuran besar yang didesain untuk melaksanakan fungsi konstruksi seperti pengerjaan tanah (earthworking) dan memindahkan bahan bangunan. Alat berat umumnya terdiri atas lima komponen, yaitu implemen, alat traksi, struktur, sumber tenaga dan transmisinya (power train), serta sistem kendali.
Eksistensi alat berat dalam proyek-proyek dewasa ini baik proyek konstruksi maupun proyek manufaktur sangatlah penting guna menunjang Pemerintah baik dalam pembangunan infastruktur maupun dalam eksplore hasil-hasil tambang, misalnya semen dan batubara. Keuntungan-keuntungan dengan menggunakan alat-alat berat antara lain waktu yang sangat cepat, tenaga yang besar dan nilai-nilai ekonomis.
Penggunaan alat berat yang kurang tepat dengan kondisi dan situasi lapangan pekerjaan akan berpengaruh berupa kerugian antara lain rendahnya produksi, tidak tercapainya jadwal atau target yang telah ditentukan atau kerugian biaya perbaikan yang tidak semestinya. Oleh karena itu, sebelum menentukan tipe dan jumlah peralatan dan attachmentnya sebaiknya dipahami terlebih dahulu fungsi dan aplikasinya.
B.            RUMUSAN MASALAH
Adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah :
1.      Bagaimana sejarah Asphalt Paver ?
2.      Apa fungsi Asphalt Paver ?
3.      Bagaimana Proses Kerja Asphalt Paver ?
4.      Bagaimana Manfaatnya ?
5.      Bagaimana Efisiensi Alat Tersebut ?
6.      Berapa harga Asphalt Paver dan Begitupula Harga Sewanya ?
C.            TUJUAN
Adapun tujuan dari dibuatnya makalah inu adalah :
1.      Dapat Mengetahui Sejarah Asphalt Paver.
2.      Mengetahui Fungsi Alat Asphalt Paver.
3.      Mengetahui bagaimana Proses Kerja Asphalt Paver.
4.      Dapat Mengetahui manfaat Asphalt Paver.
5.      Mengetahui Efisiensi Asphalt Paver.
6.      Mengetahui Berapa Harga Alat Asphalt Paver Serta Harga Sewanya.


BAB II
PEMBAHASAN

A.           SEJARAH ASPALT PAVER
Pelat aspal (Aspalt Paver) dikembangkan oleh Barber Greene Co, yang awalnya memproduksi sistem penanganan material. Pada tahun 1929 Laboratorium Pengujian Chicago mendekati mereka untuk menggunakan pemuat material mereka untuk membangun jalan aspal. Ini tidak menghasilkan kemitraan namun Barber Greene mengembangkan mesin berdasarkan pavers beton pada hari yang mencampur dan menempatkan beton dalam satu proses tunggal. Penyiapan ini tidak terbukti seefektif yang diinginkan dan prosesnya terpisah. Pada tahun 1933, float screed independen ditemukan dan bila digabungkan dengan bar tamper yang disediakan untuk kerapatan dan ketebalan bahan seragam. Harry Barber mengajukan paten sebagai "Mesin untuk dan proses peletakan jalan" pada tanggal 10 April 1936 dan mendapat Paten A.S. Paten 2.138.828 pada tanggal 6 Desember 1938. Fitur utama dari paver yang dikembangkan oleh Barber Greene Co telah dimasukkan ke dalam kebanyakan pavers sejak, meskipun perbaikan telah dilakukan untuk mengendalikan mesin.
Description: http://www.gomaco.com/Resources/worldstories/world34_2/photos/walsh/CG-050636-D-14.jpg
Alat yang digolongkan pada kategori ini karena fungsinya yaitu untuk menempatkan material pada tempat yang telah ditentukan. Ditempat atau lokasi ini material disebarkan secara merata dan dipadatkan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Yang termasuk di dalam kategori ini adalah concrete spreader, asphalt paver, motor grader, dan alat pemadat.
Asphalt Paver Cat AP655F merupakan versi paver terbaru Caterpillar yang memiliki kemampuan generator yang jauh lebih besar, dilengkapi  teknologi yang mampu memonitor failure (kegagalan) pada sistem pemanas, serta pengoperasian dengan sistem tombol serba digital dan tahan air (water resistant). Sebuah perpaduan sempurna antara ketangguhan unit dan teknologi.
Asphalt Paver Cat AP655F hadir sebagai jawaban atas tuntutan pasar, sekaligus menggantikan seri sebelumnya. Kelebihan produk ini adalah kemampuan generatornya yang jauh lebih besar dari model terdahulu. Kapasitasnya 70 kW, sementara pada model terdahulu hanya 30 kW.
“Dengan generator yang lebih besar, maka proses pemanasannya makin cepat. Dibutuhkan waktu tidak kurang dari 15 menit untuk memanaskan screed. Sementara rata-rata produk kompetitor butuh waktu 20 hingga 25 menit supaya screed benar-benar panas. Ini perbedaan utama antara produk kompetitor dengan mesin CAT ini,” jelas Ivan Lie, Construction Marketing General Manager PT Trakindo Utama, kepada Majalah Equipment Indonesia beberapa waktu lalu.
Produk ini juga lebih hemat bahan bakar karena proses pemanasan screed dilakukan dengan kapasitas generator yang lebih besar, sehingga lebih cepat mencapai titik panas. Biasanya, screed sudah bisa difungsikan untuk melindas aspal jika suhu sudah mencapai 130 derajat Celsius. Dalam kasus di mana besaran suhu pada screed tidak terdeteksi secara merata, maka sistem ini secara otomatis menyesuaikan suhu pada semua screed sehingga kadar panasnya merata. Biasanya suhu aspal saat keluar dari AMP sekitar 145 hingga 155 derajat Celsius.
Asphalt Paver AP655F juga dilengkapi dengan teknologi yang mampu memonitor failure (kegagalan) pada sistem pemanas. Teknologi ini bisa menunjukkan kepada operator kalau panasnya belum maksimal (merata). Hal ini penting, karena tingkat kepanasan menentukan kualitas aspal yang dikerjakan. Jika kurang panas, maka aspal yang dihasilkan konturnya menjadi kurang rapat, sehingga membuat jalan cepat rusak. Sebaliknya, kalau panasnya maksimal, maka hasil pengaspalannya lebih rapat dan tahan lama.
“Memonitor suhu sangat penting untuk menjaga kualitas aspal, mengingat terjadi perubahan suhu sejak dari AMP, ke truk, kemudian ke asphalt paver hingga dibentangkan pada permukaan jalan yang hendak diaspal. Suhu dijaga dengan menggunakan screed,” urainya seraya menambahkan bahwa sebetulnya asphalt paver terdiri dari dua komponen utama, yakni traktor pada bagian depan yang fungsi utamanya untuk menarik screed yang ada di bagian belakang dan screed.
B.            FUNGSI ASPHALT PAVER
Asphalt Paver digunakan untuk menghamparkan produk dari Asphalt Mixing Plant.Fungsinya yaitu untuk menempatkan material pada tempat yang telah ditentukan.Ditempat atau lokasi ini material disebarkan secara merata dan dipadatkan sesuai denganspesifikasi yang telah ditentukan.
C.            PROSES ASPHALT PAVER
Material aspal yang ditumpahkan di mulut alat, secara otomatis akan dibentuk dan diratakan sesuai dengan ketebalan dan lengkungan jalan yang diinginkan. Agar didapat permukaan yang rata, kekentalan (slump) aspal yang dipakai harus sesuai dengan karakteristik alat.
D.           MANFAAT ASPHALT PAVER
a.              Kelebihan Asphalt Paver
1.             Proses pengerjaan suatu proyek jalanan tepatnya jalan aspal akan lebih mudah dan cepat.
2.             Ketebalan dan kemiringan jalan dapat ditentukan dengan menggunakan alat ini.
3.             Hemat bahan bakar.
4.             Memiliki generator yang lebih besar, maka proses pemanasannya makin cepat. Dibutuhkan waktu tidak kurang dari 15 menit untuk memanaskan screed. Sementara rata-rata produk kompetitor butuh waktu 20 hingga 25 menit supaya screed benar-benar panas.
5.             Kelebihan lainnya dari Asphalt Paver Cat AP655F adalah memiliki ukuran yang ideal yaitu lebar screed antara 4-6 meter, dan masih dapat disesuaikan dari 3- 10 meter dengan menggunakan extention. Selain itu, unit ini juga dapat meminimalisir power yang terbuang karena putaran generator dihasilkan secara langsung dari engine. Hal ini dikarenakan pemasangan generator pada Cat AP655F sudah terintegrasi dengan engine, berbeda dengan model sebelumnya, dimana generator dan engine terpisah.
6.             Memiiki monitor suhu.

b.             Kekurangan Asphalt Paver Harganya lebih mahal.

E.            EFISIENSI ASPHALT PAVER
Faktor Efisiensi Kerja dibagi menjadi faktor efisiensi kerja alat dan Faktor Koreksi.
  • Faktor Efisiensi Kerja Alat
Faktor effisiensi kerja alat adalah menit kerja rata-rata dalam satu jam dibagi enam puluh menit. Adapun hal-hal yang mempengaruhi faktor kerja adalah kondisi pekerjaan dan kondisi pemeliharaan alat.

  • Faktor Koreksi                                                                                                            Digunakan untuk mengubah atau mengoreksi tafsiran produksi sesuai dengan pekerjaan tertentu serta kondisi tempat pekerjaan tersebut dilakukan. Faktor ini berbeda untuk tiap jenis alat berat dan kondisi kerja.

F.             HARGA ALAT DAN HARGA SEWA
Deskripsi Produk
JUAL ASPHALT FINISHER

MERK : SUMITOMO
TIPE : HA60W-2
TAHUN : 2011

MODEL : BAN / WHEEL
LEBAR PAVING : 4,5 s/d 6,0 METER
OPERATING WEIGHT : 11,740 KG
ENGINE : 4 CYLINDERS ISUZU DIESEL ENGINE
PEMANAS : YES
SETRIKA : YES
VIBRO : YES
SEMI ELECTRICAL : YES
AUTO LEVEL SENSOR : YES

HOUR METER : 6,640

HARGA : Rp 975,000,000,- NEGO

KONDISI : BUILT UP EKS. JEPANG --- "SIAP KERJA & SIAP PAKAI"






BAB III
PENUTUP
A.           Kesimpulan
·         Alat berat adalah mesin berukuran besar yang didesain untuk melaksanakan fungsi konstruksi seperti pengerjaan tanah (earthworking) dan memindahkan bahan bangunan. Alat berat umumnya terdiri atas lima komponen, yaitu implemen, alat traksi, struktur, sumber tenaga dan transmisinya (power train), serta sistem kendali.
·         Alat yang digolongkan pada kategori ini karena fungsinya yaitu untuk menempatkan material pada tempat yang telah ditentukan. Ditempat atau lokasi ini material disebarkan secara merata dan dipadatkan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Yang termasuk di dalam kategori ini adalah concrete spreader, asphalt paver, motor grader, dan alat pemadat.
B.            Saran
·         Diharapkan makalah ini dapat membantu mahasiswa dalam proses belajar mengajar serta mencari referensi pada semua media.










DAFTAR PUSTAKA























1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.
MOHON KRITIK DAN SARANNYA !

Makalah Aspalt Pavert

Kelompok                             : I Mata Kuliah                         : Pemindahan Tanah Mekanis Dosen Pembimbing           ...