MAKALAH
ALAT BERAT ( MIXER
TRUCK )
OLEH
RAHMAT HIDAYAT
105 812 438 15
FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN TEKNIK SIPIL
PROGARAM STUDI S1 SIPIL PENGAIRAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2015/2016
DAFTAR ISI
HALAMAN
SAMPUL ............................................................. i
DAFTAR
ISI ............................................................................ ii
KATA
PENGANTAR ........................................................... iii
BAB I
PENDAHULUAN ......................................................... 1
1.
Latar
Belakang.......................................................... 1
2.
Rumusan
Masalah ................................................... 2
3.
Tujuan ...................................................................... 2
BAB II
PEMBAHASAN ........................................................ . 3
1.
Pengertian
Alat Berat Mixer Truck .......................... 3
2.
Manfaat
Dan Fungsi Dari Alat Berat Mixer Truck . 5
3.
Cara Kerja
Dari Alat Berat Mixer Truck ................ . 6
4.
Bagian-Bagian
Dan Harga Dari Alat Berat Mixer Truck 9
BAB III PENUTUP
................................................................ 13
1.
Kesimpulan............................................................. 13
2.
Saran ...................................................................... 13
DAFTAR
PUSTAKA ............................................................. 14
KATA
PENGANTAR
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatu
Alhamdulillah Puji dan Syukur penulis
panjatkan ke hadirat Allah Swt Yang Maha Indah dengan segala keindahan-Nya, zat
yang Maha Pengasih dengan segala kasih sayang-Nya, yang terlepas dari segala
sifat lemah semua makhluk-Nya. Alhamdulillah berkat Rahmat dan Hidayah-Nya
penulis dapat menyelesaikan makalah tentang “ Alat
Berat ( Mixer Truck )” .Shalawat serta salam semoga senantiasa
dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, sebagai pembawa risalah Allah terakhir
dan penyempurna seluruh risalah-Nya.
Penulis juga tidak
lupa mengucapkan
terima kasih kepada Bapak Dosen selaku dosen mata kuliah Pemindahan
Tanah Mekanis yang telah memberikan dan mentrasferkan ilmunya kepada
penulis dan teman-teman. Akhirnya dengan segala kerendahan hati
izinkanlah penulis diberikan saran dan kritik yang bersifat membangun dalam
rangka penyempurnaan makalah ini, karna makalah ini jauh dari kata sempurna.
Semoga makalah ini bisa di gunakan dengan sebaik-baiknya.
Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatu
Makassar,….. Mei 2017
Penulis
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
belakang
Truk molen biasanya juga disebut dengan truck mixer. Truk mixer adalah alat pengangkut beton dari batching plant ke lokasi proyek yang lengkap dengan alat pencampur
berupa pisau di dalam drum. Truk mixer
berperan penting dalam transportasi beton dari batching plant sampai ke hopper
concrete pump di proyek.
Drum tempat pencampuran dengan pisau putar berbentuk
bintang merupakan alat campur paling efisien dalam segi keseragaman beton yang
dihasilkan, control kualitas yang dilakukan di area proyek tidak sebaik control
kualitas yang dilakukan di pusat pencampuran batching plant (Kosmatka, and Panarese, 1990), karena itu sebaiknya
setelah truk molen sampai di area proyek tidak dilakukan penambahan apapun ke
dalam campuran beton siap pakai yang ada dalam mixer.
Bahan Bakar Minyak (BBM) masih merupakan
sumber energi utama dalam sektor industri dan transportasi. Penghematan energi
menjadi pekerjaan rumah pemerintah, pada sektor transportasi konsumsi energi
mulai dibatasi penggunaanya. Sama halnya dengan kendaraan berat, contohnya
adalah truk mixer. Truk ini berfungsi membawa beton ready mix dari batching
plant ke tempat dimana proyek bangunan sedang dikerjakan. Jumlah solar yang
dibutuhkan Truk Mixer pada tahun 2040 berdasarkan skenario BAU adalah
79.171 Barrel of Oil Equivalent atau setara 12.587.199,34 liter solar.
Dan berdasarkan skenario AFE, konsumsi solar yang dibutuhkan adalah
66.899 Barrel of Oil Equivalents atau setara 10.636.104,74 liter solar.
Emisi gas buang yang dihasilkan truk mixer pada tahun 2040 berdasarkan
skenario BAU untuk Carbon Dioxide Non Biogenic sebesar 33.732 gramme
per kilowatt-hour. Emisi gas buang yang lain seperti Carbon Monoxide sebesar
40.792.797 gramme per kilowatt-hour dan Nitrogen Oxides sebesar
86.572.801 gramme per kilowatt-hour. Sedangkan pada skenario AFE, untuk
Carbon Dioxide Non Biogenic sebesar 28.504 gramme per kilowatt-hour.
Emisi gas buang yang lain seperti Carbon Monoxide 34.469.696 gramme
per kilowatt-hour, Nitrogen Oxides 73.153.556 gramme per kilowatt-hour. Untuk
tahun 2040 nilai Carbon Dioxide Non Biogenic, Carbon Monoxide dan Nitrogen
Oxides pada skenario AFE semuanya turun sebesar 15,55 % dari nilai
pada skenario BAU.
B. Rumusan
Masalah
1.
Apa
yang dimaksud dengan alat berat Mixer Truck ?
2.
Apa
manfaat dan fungsi dari alat berat Mixer Truck ?
3.
Bagaimana
cara kerja dari alat berat Mixer Truck ?
4.
Menjelaskan
bagian dan harga dari alat berat Mixer Truck ?
C. Tujuan
Penulisan
1.
Mengetahui
Apa yang dimaksud dengan alat berat Mixer Truck ?
2.
Mengetahui
Apa manfaat dan fungsi dari alat berat Mixer Truck ?
3.
Mengetahui
Bagaimana cara kerja dari alat berat Mixer Truck ?
4.
Mengetahui
penjelasan bagian dan harga dari Mixer
Truck ?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Dari Alat Berat Mixer Truck
Pengertian
Alat Berat Truk Molen (Truk Mixer). Dalam dunia kosntruksi terdapat beberapa
alat berat yagn menunjang, salah satunya dalah truk pengaduk beton. Pengaduk
beton adalah mesin yang digunakan untuk mengaduk beton. Mesin ini dapat berupa
mesin statis, semi-mobile maupun full mobile (mixer truck). Truk mixer atau
biasa juga disebut dengan truk molen memiliki beragam jenis dengan fungsi sama,
yaitu mengangkut beton dari pabrik semen ke lokasi kontruksi sambil menjaga
konsistensi beton agar tetap cair dan tidak mengeras dalam perjalanan. Truk
jenis ini adalah Alat transportasi khusus untuk beton cor curah siap pakai
(Ready mix concrete) yang dirancang untuk mengangkut campuran beton curah siap
pakai (Ready mix concrete) dari Batching Plant (Pabrik Olahan Beton) ke lokasi
pengecoran. Biasanya truk ini digunakan dalam sebuah proyek besar.
Truk mixer adalah alat pengangkut
beton dari batching plant ke lokasi
proyek yang lengkap dengan alat pencampur berupa pisau di dalam drum. Truk mixer berperan penting dalam
transportasi beton dari batching plant
sampai ke hopper concrete pump.
Jenis Truk Mixer
1. Truk Mixer Mini (Truck Minimix concrete).
1. Truk Mixer Mini (Truck Minimix concrete).
Teruk Mixer mini memiliki volume
muat cor beton per satu kali jalan 3 m³. Tipe truk ini lebih fleksibel untuk
semua medan jalan, sempit ataupun menanjak.
2. Truk Mixer Standar (Readymix concrete).
2. Truk Mixer Standar (Readymix concrete).
Truk Mixer Standar digunakan untuk
mengangkut beton cor dari Pabrik Beton (Batching Plant) ke lokasi pengecoran
dengan daya angkut per truknya untuk satu kali jalan 7 m³. Memuat lebih banyak
4 m³ dari tipe Truk Mini. Kekurangan dari truk ini tidak bisa mengakses jalan
sempit dan menanjak.
B. Manfaat
Dan Fugsi Dari Alat Berat Mixer Truck
Alat-alat berat (yang sering dikenal
di dalam ilmu Teknik Sipil) merupakan alat yang digunakan untuk membantu
manusia dalam melakukan pekerjaan pembangunan suatu struktur bangunan. Alat
berat merupakan faktor penting didalam proyek, terutama proyek-proyek
konstruksi maupun pertambangan dan kegiatan lainnya dengan skala yang besar
(Rostiyanti 2009)
Kelebihan dari
truk mixer ini adalah :
ð
Tidak
membutuhkan tempat pusat pencampuran.
ð
Ketika
semua bahan sudah masuk pencampuran dilakukan di truk molen.
ð
Kualitas beton lebih
terkontrol.
ð
Beton lebih seragam
waktu selesai proses pencampuran.
Manfaat
dari penggunaan alat berat Truck Mixer adalah untuk memudahkan manusia
dalam mengerjakan pekerjaannya, sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai
dengan lebih mudah dengan waktu yang relatif lebih singkat.
Fungsi dari Alat ini dipakai untuk mengubah
batuan dan mineral alam menjadi suatu bentuk dan ukuran yang diinginkan. Hasil
dari alat ini misalnya adalah batuan bergradasi, semen, beton. Yang termasuk
didalam alat ini adalah crusher dan concrete mixer truck. Alat yang dapat
mencampur material-material di atas juga dikategorikan ke dalam alat pemroses
material seperti concretebatch plant dan asphalt mixing plant. concrete
mixer truck adalah merupakan kendaraan yang digunakan untuk mengangkut
adukan beton ready mix dari tempat pencampuran beton kelokasi proyek dimana
selama dalam pengangkutan mixer terus berputar dengan kecepatan 8-12 putaran
permenit agar beton tetap homogen serta tidak mengeras.
C. Cara
Kerja Dari Alat Berat Mixer Truck
Cara
Kerja Truk Mixer Pengangkut Beton Cor atau Truk Molen
Didalam Truk Molen diisi dengan
bahan Material kering dan air yang proses pengadukan (pencampuran) bahan
material tersebut terjadi selama waktu transportasi ke lokasi pengecoran. Untuk
mempertahankan stabilitas kekentalan Beton cor yang berada di dalam truk mixer
ini melalui proses agitasi atau memutar drum (Tangki yang berada diatas truk
mixer) yang bagian dalam drum tersebut dilengkapi dengan spiral pisau satu arah
rotasi putaran, sebagai pengaduk material beton cor selama waktu transportasi
ke lokasi pengecoran. Jika Truk Mixer Pengangkut Beton Cor atau Truk Molen
tidak bisa menjangkau area pengecoran, beton cor dapat disalurkan melalui pipa
pompa beton (concrete pump) yang dapat diperpanjang beberapa meter (biasanya
sepuluh meter atau lebih). Dengan mesin pompa beton ini proses pemindahan beton
cor ke area pengecoran menjadi lebih cepat dan tepat.
Truk Mixer Pengangkut Beton Cor atau
Truk Molen umumnya tidak melakukan perjalanan lebih dari 2 jam. Banyak
kontraktor mengharuskan Truk mixer berada di lokasi pengecoran dalam waktu 90
menit setelah pemuatan Material yang dimaksudkan untuk menghindari beton cor di
dalam truk mengeras. Mayoritas Truk Mixer Pengangkut Beton Cor atau Truk Molen
mempunyai kecepatan jalan terbatas, yaitu antara 56 mil per jam (90 km / h).
Pernahkan Anda melihat
truk molen atau concrete mixer truck di jalan
raya?
Jika pernah, apakah
yang Anda perhatikan?
Tentu
Anda akan melihat sebuah truk besar yang memiliki tangki berbentuk drum atau
tabung dengan sedikit mengerucut di ujung-ujungnya atau biasa disebut molen
dengan tulisan merk pabrik semen di tabungnya.
Tapi pernahkan Anda memperhatikan bahwa tangki tabung berbentuk molen tersebut selalu berputar saat di jalan?
Tapi pernahkan Anda memperhatikan bahwa tangki tabung berbentuk molen tersebut selalu berputar saat di jalan?
Kenapa tangki tabung molen atau mixer tersebut selalu berputar?
Berikut alasannya:
Truk
molen atau concrete mixer truck adalah
truk khusus yang dilengkapi dengan mixer untuk
mengaduk campuran beton siap campur (ready mix). Truk
molen digunakan untuk mengangkut adukan beton ready mix dari
tempat pencampuran beton ke lokasi pembetonan atau lokasi pengecoran. Selama
dalam perjalanan ke lokasi pengecoran, tabung molen atau mixer terus berputar dengan kecepatan sekitar 8-12
putaran per menit. Umumnya perputaran tabung mixer ini berlawanan arah jarum jam agar adukan mengarah ke
dalam. Namun ada juga yang perputarannya searah jarum jam tergantung posisi
bilah-bilah baja yang ada dalam tabung mixer tersebut
dan bentuk lempengan logam yang berfungsi sebagai saluran untuk mengeluarkan
adukan beton pada ujung belakang lubang tabung.
Kembali ke pertanyaan
awal.
Kenapa tabung molen selalu
berputar saat perjalanan?
Ada
yang menyatakan bahwa tabung molen selalu berputar agar beban truk molen saat
berjalan lebih ringan karena dibantu oleh gaya yang dihasilkan oleh perputaran
tabung molen tersebut. Alasan ini memerlukan pembuktian ilmiah lebih
lanjut.
Namun yang jelas,
tabung molen selalu beputar selama perjalanan setidaknya disebabkan oleh 2
(dua) alasan.
Pertama, tabung molen selalu beputar agar adukan beton dalam tabung molen tetap homogen. Homogen maksudnya komposisi semen, pasir, batu split di seluruh adukan dalam tabung molen selalu sama. Jika kita membuat adukan beton dengan perbandingan semen : pasir :
batu split 1:2:3 maka perbandingan tersebut harus sama
di seluruh bagian adukan. Tidak ada bagian yang komposisinya berbeda.
Alasan kedua, tabung molen selalu beputar agar adukan beton di dalam tabung molen tidak mengeras atau menjadi padat karena seperti kita ketahui jika adukan beton atau semen kita biarkan beberapa waktu maka lama kelamaan akan mengeras.
Jika
tabung molen tidak berputar maka akan terjadi pengendapan dan pengerasan beton
di dalam tabung molen sehingga adukan beton tidak dapat dikeluarkan ketika tiba
di lokasi pengecoran.
Ketika
tiba di lokasi pengecoran, putaran tabung molen akan berbalik arah dengan
kecepatan putaran tabung yang lebih cepat. Hal ini bertujuan agar adukan beton
dapat keluar dengan cepat melalui saluran
Lalu bagaimana halnya
jika truk molen kembali dari lokasi pengecoran ke tempat pencampuran?
Apakah tabung molen juga tetap
berputar?
Karena tidak mungkin
adukan beton dalam tabung molen seluruhnya dapat dikeluarkan dengan sempurna
maka untuk menghindari mengerasnya sisa-sisa adukan beton dalam tabung maka
tabung molen tetap berputar dalam perjalanan kembali ke tempat pencampuran.
Hanya saja kecepatan putarannya tidak secepat ketika membawa adukan ke lokasi
pengecoran. Namun jika adukan dalam tabung bisa dikeluarkan dengan sempurna
dengan memasukkan air sebanyak-banyaknya, bisa saja tabung molen tidak akan
berputar selama perjalanan dengan pertimbangan bisa menghemat bahan
bakar/daya/energi yang digunakan untuk menggerakkan tabung molen tersebut.
D. Bagian-Bagian
Dan Harga Dari Alat Berat Mixer Truck
Biasanya Truk Mixer Pengangkut Beton
Cor atau Truk Molen ini didalamnya diisi dengan bahan Material kering dan air
yang proses pengadukan (pencampuran) bahan material tersebut terjadi selama
waktu transportasi ke lokasi pengecoran. Untuk mempertahankan stabilitas
kekentalan Beton cor yang berada di dalam truk mixer ini melalui proses agitasi
atau memutar drum (Tangki yang berada diatas truk mixer) yang bagian dalam drum
tersebut dilengkapi dengan spiral pisau satu arah rotasi putaran, sebagai
pengaduk material beton cor selama waktu transportasi ke lokasi pengecoran.
Jika Truk Mixer Pengangkut Beton Cor atau Truk Molen tidak bisa menjangkau area
pengecoran, beton cor dapat disalurkan melalui pipa pompa beton (concrete
pump) yang dapat diperpanjang beberapa meter (biasanya sepuluh meter atau
lebih).
Beban angkut dari Truk Mixer
Pengangkut Beton Cor atau Truk Molen ditentukan oleh undang-undang Negara
yang mengatur ukuran beban yang diijinkan di jalan. Aturan ini diperlukan untuk
mendistribusikan beban secara merata dan memungkinkan operasi di jalan terbatas
sehingga dapat mengurangi keausan dan kerusakan pada jalan.
Mengenal Lebih Dekat Truk Mixer Mitsubishi Fuso FJ2528
Mitsubishi Fuso FJ2528 (6×4) yang
diageni resmi dan didistribusikan oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB)
untuk pasar domestik Indonesia, memang dikhususkan buat peruntukan kendaraan
truk mixer (concrete/molen) untuk kebutuhan konstruksi termasuk infrastruktur
lainnya.
Seri FJ2528 memiliki makna, tonase
atau GVW (gross vehicle weight/berat kotor kendaraan) maksimum kendaraan
seberat 25 ton (25.000 kg), dengan tenaga puncak hingga 280 PS. Menurut Yuswadi,
Dept. Head Fuso Technical Service Department KTB, truk kategori 3 (medium duty)
itu saat ini dijual secara per sasis untuk peruntukan mixer ke konsumen. “Untuk
daya tampung atau kapasitas mixer-nya sendiri, pihak KTB merekomendasikannya
sampai 7 kubik meski kapasitas tampung maksimumnya bisa sampai 8 kubik. Namun
supaya lifetime dari kendaraan ini juga bisa lebih optimal, kami sarankan hanya
7 kubik untuk kapasitas mixer FJ2528,” urai Yuswadi. Varian Fuso FJ series
merupakan model tambahan dari varian truk kategori 3 yang sudah dimiliki KTB
selama ini. Dengan beragam fitur baru serta teknologi mesin yang diklaim lebih
efisien lantaran sudah menganut sistem computerized.
SPESIFIKASI MITSUBISHI FUSO FJ2528
Harga : Rp.917.100.000
Model
: FJ2528
Tipe
penggerak : 6×4
Mesin
: 6S20 205
Sistem
Pengabutan BBM : Direct injection-turbo charged intercooler
Tenaga
Maksimum : 280 PS/2.200 rpm
Torsi
Maksimum : 1098,3 Nm/1.200-1.600 rpm
Kecepatan
maksimum : 90 km/jam
Kopling
: Dry-Single Plate 395 mm
Transmisi
: G131, 9-speed & 1 gigi mundur
Ukuran
ban depan : Single, 11.00×20 16PR
Ukuran
ban belakang : Dual, 11.00×20 16PR
Gardan
depan : Reverse Elliot
Gardan
belakang : Fully floating, tandem
Suspensi
depan : Parabolic-multi leaf spring
Suspensi
belakang : Inverted semi elliptic- multi leaf spring
Rem
utama : Pneumatic, dual line acting pada semua roda
Rem
parkir : Pneumatically operated spring brake actuator acting pada garden
belakang
Rem
tambahan : Exhaust brake
Kapasitas
tangki BBM : 255 liter
Kabin
: model tiltable sistem hidrolik
Jarak
sumbu roda : 4.950 mm
Panjang
keseluruhan : 7.460 mm
Lebar
keseluruhan : 2.490 mm
Tinggi
keseluruhan : 2.975 mm
Tapak
depan : 2.045 mm
Tapak
belakang : 1.805 mm
Ground
clearance : 234 mm
Overhang
depan : 1.460 mm
Overhang
belakang : 1.050 mm
Berat
kosong kendaraan : 8.040 kg
GVW
(berat kotor) maksimum : 25.000 kg
BAB III
PENUTUP
1. Kesimpulan
Truk molen biasanya juga disebut dengan truck mixer. Truk mixer adalah alat pengangkut beton dari batching plant ke lokasi proyek yang lengkap dengan alat pencampur
berupa pisau di dalam drum. Manfaat dari penggunaan alat berat Truck Mixer adalah
untuk memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaannya, sehingga hasil yang
diharapkan dapat tercapai dengan lebih mudah dengan waktu yang relatif lebih
singkat. Fungsi dari Alat ini dipakai untuk mengubah
batuan dan mineral alam menjadi suatu bentuk dan ukuran yang diinginkan. Hasil
dari alat ini misalnya adalah batuan bergradasi, semen, beton. Yang termasuk
didalam alat ini adalah crusher dan concrete mixer truck.
Kelebihan dari
truk mixer ini adalah :
ð
Tidak
membutuhkan tempat pusat pencampuran.
ð
Ketika
semua bahan sudah masuk pencampuran dilakukan di truk molen.
ð
Kualitas beton lebih
terkontrol.
ð
Beton lebih seragam
waktu selesai proses pencampuran.
2. Saran
Dalam penulisan makalah ini masih terdapat beberapa kekurangan dan
kesalahan, baik dari segi penulisan maupun dari segi penyusunan kalimatnya dan
dari segi isi juga masih perlu ditambahkan. Oleh karena itu, kami sangat
mengharapkan kepada para pembaca atau
makalah ini agar dapat memberikan kritikan dan masukan yang bersifat
membangun. Sehingga makalah dapat tersusun dengan baik dan sempurna.